You are currently viewing Viral, Antisipasi Covid-19 Universitas di Jepang Lakukan Wisuda Online Pakai Robot, Begini Teknisnya

Viral, Antisipasi Covid-19 Universitas di Jepang Lakukan Wisuda Online Pakai Robot, Begini Teknisnya

Demi menghindari penyebaran wabah Covid-19, sebuah universitas di Jepang mengadakan upacara kelulusan secara online. Para lulusan jurusan bisnis di BBT University mengadakan acara wisuda online pada (28/3/2020) di Hotel Grand Palace di Chiyoda-ku, Tokyo.

Dalam prosesi wisudanya, para wisudawan pascasarjana Fakultas Bisnis digantikan dengan robot avatar yang diberi nama “Newme”. Para wisudawan mengoperasikan robot avatar sebagai alter ego dari rumahnya dan menerima prosesi pelantikan dari pimpinan kampus tersebut, Kenichi Omae.

Penggunaan “newme” dalam upacara wisuda adalah  yang pertama di dunia untuk universitas dan sekolah pascasarjana BBT.

Dalam gambar itu terlihat “Newme” mengenakan baju dan topi toga. Pada upacara tersebut ada empat lulusan (dua sarjana dan dua sekolah pascasarjana). Mereka mengoperasikan “Newme” dari rumah atas nama para lulusan. Wisudawan  lain menonton secara online melalui Aplikasi ZOOM.

Baca:  Mengharukan, Bocah 7 Tahun Berikan Celengan Ikannya, "Untuk Bantu Dokter Beli Masker"

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Belajar dan Rapat Online

“Newme” memiliki tablet sebagai “wajah” dan dapat dipindahkan dengan “kaki”berupa roda.

Ketika nama itu dipanggil oleh moderator, ‘newme’ yang mengenakan baju dan topi toga muncul sambil memproyeksikan wajah para lulusan yang beroperasi pada tablet.

Tanda kelulusan seperti ijazah diserahkan langsung dari pimpinan kampus Oichi Kenichi Omae Was.

Dengan kerjasama khusus dari ANA Holdings, perusahaan memperkenalkan jenis baru avatar komunikasi, bernaman “newme”.

Para lulusan mengoperasikan robot avatar dari lokasi yang jauh untuk menerima pelantikan wisudawan.

Dilansir dari robotstart.info, Kenichi Omae, Presiden Universitas, percaya bahwa “jaringan pengetahuan memperluas kemampuan manusia hingga tak terbatas”, yang juga merupakan semangat pembangunan dan akan terus bekerja keras dan berperan aktif di dunia.

Baca:  4 Wabah yang Lebih Ganas Sebelum COVID-19

Sebuah pesan diberikan kepada para lulusan untuk memotivasi mereka, dan upacara terakhir selesai di “Newme” dengan partisipasi dari para lulusan Avatar.

Selain itu, lulusan yang berpartisipasi online di ZOOM mengirimkan komentar yang menyatakan terima kasih secara langsung.

Seorang wisudawan BBT University yang ikut menghadiri upacara wisuda mengatakan, “Ketika saya mendaftar, saya tidak pernah berpikir saya akan mengoperasikan avatar dan menghadiri upacara wisuda. Namun, menerima kelulusan di depan umum adalah pengalaman baru,” ujar seorang wisudawan.

Profesor Shugo Yanaka, Dekan Administrasi Bisnis Global, Fakultas Administrasi Bisnis, Universitas BBT, yang merencanakan upacara wisuda Avatar tersebut berkata, saat situasi covid-19, pengenalan avatar dapat mewujudkan kelulusan online yang hangat. Upacara ini Saya harap akan bermanfaat bagi lembaga pendidikan yang mengalami kesulitan saat mengadakan upacara kelulusan.

Baca:  Naik Kereta Api Tanpa Syarat Rapid Test! Cek Daftar KAI Berikut

Melalui inisiatif ini, universitas BBT dan sekolah pascasarjana, bersama dengan lembaga pendidikan lainnya, berharap dapat menciptakan peluang untuk mengeksplorasi upacara dan memperluas kemungkinan untuk menggunakan cara online.

Lantas bagaimana jika hal ini diterapkan di Indonesia?

Referensi: https://aceh.tribunnews.com/2020/04/03/viral-universitas-bbt-jepang-wisuda-online-pakai-robot-newme-antisipasi-covid-19

Leave a Reply