You are currently viewing Mengharukan, Bocah 7 Tahun Berikan Celengan Ikannya, “Untuk Bantu Dokter Beli Masker”

Mengharukan, Bocah 7 Tahun Berikan Celengan Ikannya, “Untuk Bantu Dokter Beli Masker”

  • Post category:Fenomena
  • Post published:April 6, 2020
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:2 mins read

Dari hari ke-hari pasien Covid-19 semakin bertambah dan membuat kebutuhan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis meningkat. Sehingga kini, beberapa rumah sakit melaporkan kekurangan APD. Hal tersebut membuat banyak orang tergugah untuk mendonasikan bantuannya kepada para pahlawan kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan virus corona atau covid-19 ini.

Tak terkecuali tiga bocah asal Makassar yang rela menyumbangkan isi celengannya untuk pembuatan APD. Orangtua Siswi SMP Masih Menunggu di Depan Sekolah Ingin belikan masker untuk dokter.

Dua bocah SD yang berumur 7 tahun, Tata dan Unsia menyumbangkan seluruh isi celengannya pada tim JPK di Sekretariat AJI Makassar. Isi celengan mereka Rp 349 ribu, terdiri berbagai pecahan, antara lain Rp 5.000, Rp 2.000 serta koin Rp 1.000 dan Rp 500.

Baca:  4 Wabah yang Lebih Ganas Sebelum COVID-19

“Ini untuk dokter biar bisa beli masker. Ini dari tabungan kami selama enam bulan,” kata Tata yang dibenarkan Unsia di posko JPK.

Mengharukan, Bocah 7 Tahun Berikan Celengan Ikannya, "Untuk Bantu Dokter Beli Masker"
Yasmin bersama ibunya Mardiana Rusli saat menyumbangkan isi celengannya di posko JPK di Kecamatan Manggala, Jumat (3/4/2020).(Dok Humas JPK) 

Bawa celengan ikan 
Selain Tata dan Unsia, Yasmin Saman, bocah enam tahun asal Makassar juga menyumbangkan seluruh isi celengannya. Dia datang ke posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) di Sekretariat AJI Makassar ditemani ibunya, Jumat (3/4/2020).

Yasmin datang dengan menenteng celengan berbentuk ikan yang masih utuh. Setelah bertemu koordinator JPK Darwin Fatir, Yasmin lalu memecahkan celengannya. ketika dihitung bersama, uang-uang koin Yasmin itu berjumlah Rp 448.800. Sambil menyerahkan tabungannya, Yasmin pun mendoakan para tenaga kesehatan agar bisa menyembuhkan banyak orang.

Baca:  Viral, Antisipasi Covid-19 Universitas di Jepang Lakukan Wisuda Online Pakai Robot, Begini Teknisnya

“Terus berjuang dokter-dokter, perawat, semua tenaga kesehatan. Harus bisa sembuhkan banyak orang,😊 kata Yasmin usai memberikan isi celengannya.

Menabung 2 tahun
Sang ibu, Mardiana Rusli, menceritakan bahwa uang tersebut merupakan hasil tabungan Yasmin sejak dua tahun lalu. Yasmin memang diajari menabung sejak usia dua tahun. Keinginan Yasmin membantu para tenaga kesehatan bermula saat Mardiana yang merupakan mantan Ketua AJI Makassar periode 2011-2013 tengah mendata tempat-tempat yang memerlukan sumbangan.

Saat itu Yasmin mengutarakan keinginannya untuk membantu.
“Jadi memang kita punya tabungan setiap dua tahun sekali kita buka untuk hal-hal yang didistribusikan untuk panti, kemanusiaan, dan sosial. Kemarin saya list tempat-tempat yang mau didistribusikan sumbangan, kemudian anak saya Yasmin langsung ngasih juga celengannya bilang ini juga (sumbangan untuk tim medis),” kata Mardiana.

Baca:  4 Wabah yang Lebih Ganas Sebelum COVID-19

Dari kisah ini, bagaimana tanggapan Anda? Apakah tergugah untuk ikut membantu para pahlawan kesehatan yang sedang berperang di garda terdepan melawan covid-19?

Referensi: https://regional.kompas.com/read/2020/04/06/07000091/serahkan-uang-celengan-bocah-7-tahun–ini-untuk-dokter-biar-bisa-beli-masker

Leave a Reply